Pada hari Selasa 6 September 2016 atau bertepatan dengan 4 Dzulqai’dah 1437 H, di Ruang Sidang I diadakan Sosialisasi Perma Nomor 7, 8 dan 9 tahun 2016. Kegiatan tersebut telah diagendakan sehubungan dengan ditandatanganinya Perma Nomor 7 , 8 dan 9 oleh ketua Mahkamah agung. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris dan Para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Seluruh Pegawai dan honorer Pengadilan Agama sidoarjo.

 


Rapat yang dimulai pukul 14.00 WIB tersebut dibuka oleh Sekretaris Bpk. Zaenal Abidin, S.H, M.M. Selanjutnya dalam pertemuan tersebut Bpk . Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo, Bpk. Drs. H.M. Asymuni, M.H menyampaikan pentingnya disiplin kerja perlu ditingkatkan. Khususnya berkaitan dengan Perma no.7, para hakim sebagai wajah peradilan dimana memiliki jiwa kepemimpinan harus dapat meningkatkan kedisiplinan karena sangat terkait dengan pelayanan prima bagi masyrakat pencari keadilan di kota Sidoarjo. Disamping itu pula, Bpk. Ketua mengingatkan pula akan pentingnya kedisiplinan para seluruh aparatur Pengadilan Agama Sidoarjo, terutama dalam pengawasan dan pembinaan yang dilakukan oleh atasan langsung sesuai dengan Perma no 8 tahun 2016.

 

 

Beliau juga memberi pesan untuk selalu menjaga kekompakan dan profesionalisme, saling membantu serta menguatkan dalam hal pekerjaan satu sama lain sehingga terjalin kekompakan dalam sebuah team dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Disamping itu pula juga menerangkan bahwa setiap pejabat sebagai harus mampu melaksanakan, menyelesaikan serta berani mengambil setiap kebijakan sesuai dengan bidangnya.

 

Dilanjutkan dengan penyampaian dari Wakil Ketua Bpk. Drs. H. Mubarok, M.H perihal penetapan jam kerja yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan Mahkamah Agung wajib untuk diperhatikan dan dipedomani karena pelanggaran atas hal tersebut sangat beresiko. Dalam paparannya juga menghimbau kepada seluruh Pegawai Pengadilan Agama Sidoarjo untuk selalu meningkatkan etos kerja dan tetap bekerja keras dalam menyelesaikan tugas–tugas yang ada telah ditetapkan sesuai dengan tupoksinya para Pengadilan Agama Sidoarjo.

 


Pada akhir pertemuan, terdapat tambahan yang disampaikan oleh Wakil Panitera, Bpk. Zahri Muttaqin, S.Ag. menekankan tentang pentingnya dalam melaksanakann dan menindaklanjuti perma no.7 tentang Penegakkan disiplin kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada dibawahnya, kemudian perma no.8 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya serta Perma no.9 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (Whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan peradilan yang berada dibawahnya. Juga dalam sambutannya akan segera menerapkan Aplikasi SIWAS (Sistem informasi pengawasan).