Selasa 14 Februari Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan rapat rutin bulanan. Rapat yang dilaksanakan di ruang hall atas lantai dua tersebut dihadiri oleh seluruh pimpinan, pejabat dan pegawai di Pengadilan Agama Sidoarjo. Rapat ini merupakan rapat pertama bagi ketua Pengadilan Agama Sidoarjo bapak Dr. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. untuk melakukan konsolidasi internal bulananan. Rapat yang dimulai pada pukul 13.30 tersebut di buka oleh Sekretaris Pengadilan Agama Sidoarjo, Zainal Abidin, S.H. M.M.

Kemudian rapat dilanjutkan dengan pembinaan dan arahan dari ketua Pengadilan Agama Sidoarjo, Dr. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. Dalam paparan yang beliau sampaikan bahwa untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyrakat pencari keadilan di Sidoarjo, Pengadilan Agama Sidoarjo berusaha untuk meningkatkan layanan khusus kepada masyarakat pencari keadilan. Selain itu beliau juga memaparkan tentang pola kepemimpinan peradilan yang berbeda dengan organisasi lainnya, yaitu kepemimpinan kolegial, yaitu kepempimpinan di pengadilan agama oleh Ketua dan wakil ketua. Hal ini dimaksudkan bahwa kedudukan ketua sebatas sebagai bagian yang lebih dari wakil ketua atau dapat disebut sebagai Primus Inter pares. Kemudian beliau juga mempaparkan tentang pencapai kinerja pengadilan agama yang harus sesuai dengan 8 capaian era reformasi birokasi mahkamah agung. Meliputi:

  1. Organisasi
    Organisasi yang tepat fungsi dan tepat ukuran
  2. Tatalaksana
    Sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur dan sesuai prinsip-prinsip good governance.
  3. Peraturan Perundang-undangan
    Regulasi yang lebih tertib, tidak tumpang tindih dan kondusif.
  4. Sumber Daya Manusia Aparatur
    SDM aparatur yang berintegritas, netral, kompeten, capable, profesional, berkinerja tinggi dan sejahtera.
  5. Pengawasan
    Meningkatnya penyelenggaraan pemerintahan yang bebas KKN.
  6. Akuntabilitas
    Meningkatnya kapasitas dan kapabilitas kinerja birokrasi.
  7. Pelayanan publik
    Pelayanan prima sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
  8. Mindset dan cultural Set Aparatur
    Birokrasi dengan integritas dan kinerja yang tinggi.

Kemudian dilanjutkan dengan arahan dari bapak wakil ketua, Drs. H. MUBAROK, M.H. yang menjelaskan tentang penyelesaian perkara dan kedisiplinan pegawai. Karena dengan adanya pencapaian perkara yang cukup tinggi, hal ini sangat terkait dengan layanan langsung terhadap para pihak yang telah mendaftarkan perkaranya di Pengadilan Agama Sidoarjo. Sehingga Pengadilan Agama Sidoarjo selalu berusaha memberikan layanan terbaik terhadap masyarakat pencari keadilan di Sidoarjo. Terkait dengan disiplin pegawai beliau selalu melakukan pengawan setiap hari dalam hal absensi datang dan pulang pegawai Pengadilan Agama Sidoarjo.