Pada tanggal 1 Juni 2017, bangsa Indonesia secara serentak merayakan Hari Kelahiran Pancasila, acara seremonial dengan dilaksanakan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di seluruh tanah air.

Dalam suasana yang hikmat, upacara bendera dilaksanakan di di halaman kantor Pengadilan Agama Sidoarjo. Seluruh pegawai Pengadilan Agama Sidoarjo hadir mengikuti upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, upacara tersebut dilaksanakan dengan Inspektur Upacara Dr. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H.(Ketua Pengadilan Agama SIdoarjo), dimulai dari penghormatan umum, mengheningkan cipta, pengibaran Bendera Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila, serta Pembacaan teks pembukaan UUD 1945.

Dalam upacara tersebut yang bertindak langsung sebagai Komandan upacara adalah MOCH. DEDY KURNIAWAN, S.H. dan pembaca doa adalah Drs. SYAIFUL IMAN, S.H., M.H.. upacara dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam Upacara tersebut, Dr. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H.memberikan pembinaan kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Sidoarjo untuk meneladani dan menghayati hari lahir Pancasila. Bahwa Pancasila sebagai dasar negara kita dalam mengisi kemerdekaan yang didapatkan oleh seluruh rakyat indonesia dan berkat rahmat ALLAH SWT harus sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Terutama dalam upaya kerja keras menuju Indonesia yang lebih maju, terutama pada penegakan hukum di Indonesia.

Setelah upacara bendera selesai dengan di akhiri doa yang dipimpin Drs. SYAIFUL IMAN, S.H., M.H., selanjutnya ditutup dengan laporan komandan upacara dan penghomatan umum kepada inspektur upacara. dan foto bersama.

Seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Indonesia turut merayakan hari lahir Pancasila pada tahun 2017 ini dengan mengucapkan dengan lantang mengucapkan:

PANCASILA

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia