Jumat 15 September 2017 Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan tasyakuran kenaikan kelas 1a. Tasyakuran ini merupakan salah satu wujud rasa syukur seluruh aparat pengadilan agama sidoarjo yang telah mendapatkan kenaikan kelas 1 A yang sebelumnya masih berada pada kelas 1B meskipun jumlah perkara yang ditangani sejak tahun 2014 lebih dari 5000 perkara. Surat keputusan kenaikan kelas 1a tersebut tertanggal 9 februari 2017 yang tanda tangani oleh Ketua Mahkamah Agung tersebut menjadi tonggak awal Pengadilan Agama Sidoarjo resmi menduduki kelas 1A.

Pada tasyakuran tersebut, mengundang dan dihadiri oleh seluruh stakeholder Pengadilan Agama Sidoarjo. Antara lain Bupati Kabupaten Sidoarjo, ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo, Ketua Kejaksaan Negeri, Dewan Perwakilan Rakyat, Komandan kodim 0816 Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo yang tergabung dalam Frum komunikasi Pimpinan Daerah Sidoarjo (FORKOPIMDA) serta peresmian kenaikan kelas oleh ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur. Selain itu dihadiri juga oleh para ketua dan sekretaris pengadilan agama se-koordinator Surabaya, Komandan Rayon Militer 0816/01 Sidoarjo, Kapolsek Sidoarjo, Kepala Kamar dagang dan industri sidoarjo, Ketua Majelis Ulama Indonesia, kepala kantor Kementerian Agama Sidoarjo, Kepala Kecamatan Sidoarjo, kepala kelurahan Sekardangan, kepala Puskesmas Sekardangan, Pimpinan kantor BTN Syariah Sidoarjo, serta warga di lingkungan kantor PA Sidoarjo,

Acara yang diadakan pada halaman depan kantor Pengadilan Agama Sidoarjo tersebut berjalan dengan tertib dan lancar. Dimulai pada pukul 13.30 WIB, acara pertama yaitu pembukaan dimulai. Kemudian dilanjutkan dengan doa, pembacaan ayat suci Al Quran, dan sambutan dari Ketua PA Sidoarjo, Dr. Mohamad Jumhari, S.H M.H. Pada sambutan ketua tersebut, beliau mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan dan berharap dengan kenaikan kelas ini dapat mempertahankan dan bahkan meningkatkan kinerja seluruh aparat peradilan. Dengan didampingi oleh wakil ketua, panitera dan sekretaris, bapak ketua menunjukkan upaya keras seluruh aparat dalam usaha meningkatkan kinerja Pengadilan Agama Sidoarjo sesuai dengan tema yaitu meningkatkan kredibilitas dan transparansi badan peradilan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian kelas 1A oleh ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur, Dr. H. M. RUM NESSA. S.H. M.H. dalam sambutannya beliau berharap dengan kenaikan kelas ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah kabupaten Sidoarjo. Dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti kenaikan kelas 1a oleh ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Timur.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari bupati sidoarjo, H. Saiful Ilah, S.H, M.Hum. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa kenaikan kelas ini merupakan wujud nyata untuk meningkatkan profesionalisme kinerja para aparatur pengadilan agama sidoarjo dalam rangka reformasi birokrasi dibidang hukum. Selain itu keberadaan pengadilan agama di wilayah sidoarjo mampu memberikan kesejukan tersendiri dalam menetapkan keadilan khususnya dibidang hukum karena keberadaannya sangat membantu terwujudkan kabupaten sidoarjo yang kondusif dalam rangka menunjang pembangunan Kabupaten Sidoarjo.