Rabu 25 Oktober 2017 Pengadilan Agama Sidoarjo kedatangan Tim Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM). Tim ini bertindak atas nama Badan Peradilan Agama (Badilag) untuk melakukan assessment terhadap Pengadilan Agama Sidoarjo. Bahwa kegiatan sertfikasi ini telah dipersiapkan oleh seluruh komponen Pengadilan Agama Sidoarjo untuk mewujudkan pengadilan agama yang berkompeten dan profesional dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarkat pencari keadilan di Sidoarjo.
Sertifikasi akreditasi penjaminan mutu merupakan kegiatan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dengan sebuah standarisasi yang telah ditetapkan. Pada Pengadilan Agama Sidoarjo dilaksanakan assessment atau penilaian eksternal sertifikasi akreditasi penjaminan mutu mulai dari 25 hingga 27 oktober 2017.
Assessment tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya, Dr. H. M. Rum Nessa, S.H., M.H. dan dilaksanakan sejak pukul 07.30 Wib hingga 16.00 WIB dan kemudian dilanjutkan hingga malam hari. Pada hari berikutnya juga dilaksanakan asessment dengan assessor : Rusmin Rapi, S.T. bertindak sebagai lead assessor, untuk bagian manajemen diasessment oleh bapak Drs. H. Hasan Bisri, S.H., M.H., untuk bagian kesekretariatan oleh bapak Rohmad Bahrudin, S. Kom., M.H. dan untuk bagian kepaniteraan oleh Dra. Hj. Zulaecho, M.H., bapak H. Syaifuddin Latief, S.H. dan ibu Hj. Diah Anggraeni, S.H., M.H.
Pelaksanaan assessment eksternal tersebut berjalan dengan baik hingga pada akhir penutupan kegiatan tersebut.