Sidoarjo, 24 November 2017. Dalam rangka mempermudah akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan (acces to justice) sesuai kebijakan penting mahkamah agung tentang Justice for all dapat terealisasi, Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan sidang Keliling pada tahun anggaran 2017 sesuai dengan dari SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum jo. PERMA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Sidang Keliling merupakan wujud nyata pelayanan pengadilan bagi mereka (para pencari keadilan dan atau masyarakat) yang mengalami hambatan untuk datang langsung ke Gedung Pengadilan karena jarak tempuh yang jauh, transportasi yang minim, keterbatasan biaya dan semisalnya. Dengan Sidang Keliling diharapkan para pencari keadilan dan atau masyarakat yang mengalami hambatan-hambatan tersebut tetap dapat mengakses atau mendapatkan keadilan tanpa harus mendatangi gedung pengadilan.

Dengan pertimbangan tersebut Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan sidang keliling pada Kecamatan Taman Kelurahan Wonocolo. Pemilihan lokasi tersebut sesuai dengan pertimbangan bahwa jarak tempuh bagi masyarakat yang berada di pinggiran Sidoarjo bagian Utara, antara lain Kecamatan Taman, Waru.



Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor tentang Penetapan tempat Sidang Keliling dan Tim Sidang Keliling pada Pengadilan Agama Sidoarjo Tahun Anggaran 2017. Sidang Keliling dibagi dalam dua majelis dengan susunan majelis sebagai berikut : Majelis 1 (satu) SITI AISYAH, S.Ag., M.H. (Hakim Ketua), Dra. HILYATUL HUSNA. (Hakim), MOCH. SHOLIK FATCHUROZI, S.H. (Hakim), DWI HERNASARI, S.H., M.HES. dan ABDUSYUKUR, S.Sos. S.H.(Panitera pengganti). dan selaku mediator adalah Drs. H. MUBAROK, M.H.

Sidang Keliling yang dilangsungkan pada hari Jumat tanggal 24 November 2017 tersebut dibuka oleh bapak Drs. H. MUBAROK, M.H.dilaksanakan di Kantor Kelurahan Wonocolo Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo. Dan diikuti oleh 21 perkara dari wilayah yang telah ditentukan.


Sidang Keliling tersebut berjalan dengan tertib dan lancar, meskipun berjalan diiringi hujan deras.