Sidoarjo, 08 Desember 2017. Sesuai dengan agenda Pengadilan Agama Sidoarjo tahun 2017, pelaksanaan sidang keliling selain dilaksanakan pada Kelurahan Wonocolo Kecamatan Taman, juga dilaksanakan pada Desa Ngaban Kecamatan Tanggulagin. Kegiatan ini merupakan agenda yang telah di tetapkan dengan menggunakan anggaran tahun 2017.

Sidang keliling ini merupakan salah satu usaha untuk mempermudah akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan (access to justice) sesuai kebijakan penting mahkamah agung tentang Justice for all dapat terealisasi, Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan sidang Keliling pada tahun anggaran 2017 sesuai dengan dari SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Hukum jo. PERMA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Pelaksanaan sidang ditempatkan di Desa Ngaban, kecamatan Tanggulangin dengan pertimbangan bahwa balai desa tersebut mempunya sarana yang memadai dan akses transportasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat sidoarjo. Balai desa yang berada di pinggir jalan, dengan banyaknya angkutan umum yang melewati jalan tersebut ditambah pula terdapat Halte Trans Sidoarjo yang berada tepat di depan balai desa tersebut. Dengan pertimbangan tersebut Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan sidang keliling pada Balai Desa Ngaban Kecamatan tanggulangin.

Berdasarkan Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor tentang Penetapan tempat Sidang Keliling dan Tim Sidang Keliling pada Pengadilan Agama Sidoarjo Tahun Anggaran 2017. Sidang Keliling tersebut terdapat susunan majelis sebagai berikut : Drs. SYAIFUL IMAN, S.H., M.H. (Hakim Ketua), Hj. SITI AISYAH, S.Ag., M.HP. (Hakim), H. MUKHTAR, S.Ag. (Hakim), DENI SETIADI, S.H. dan ISMAIL, S.H.(Panitera pengganti). dan selaku mediator adalah Drs. H. AMAR HUJANTORO, M.H.

Sidang Keliling yang dilangsungkan pada hari Jumat tanggal 8 Desember 2017 tersebut dibuka oleh bapak DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. dengan didampingi oleh bapak kepala Desa Ngaban. Sesuai dengan agenda sidang yang telah ditentukan, dilaksanakan sidang untuk 18 perkara dan jumlah perkara yang dimediasi sejumlah 1 perkara.

Sidang berjalan dengan lancar dan tertib hingga akhir pelaksanaan sidang terakhir.