Usaha peningkatan pelayanan publik di Pengadilan Agama Sidoarjo terus di tingkatkan dengan mempertimbangkan berbagai kebutuhan masyarkaat pencari keadilan di Sidoarjo. Setelah sebelumnya ruang pelayanan publik diadakan ruang laktasi dan ruang bermain anak, kini PA Sidoarjo bekerjasama dengan Kantor Pos Sidoarjo 61200 untuk meningkatkan pelayanan terkait pendaftaran perkara.

Pada hari yang bersejarah ini, 29 Desember 2017 dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PA Sidoarjo oleh Ketua Pengadilan Sidoarjo, DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H., dengan Kepala PT. POS Indonesia Kantor Pos Sidoarjo, MOHAMAD SARIP, terkait dengan kerjasama Setoran PNBP, Layanan Nazegeling, penjualan materei, Pengiriman wesel pos dan surat. Penandatanganan tersebut disaksikan oleh Keluarga besar PA Sidoarjo serta tim dari Kantor Pos Sidoarjo.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Kepala Kantor Pos Sidoarjo, menjelaskan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bagian dari core bussiness kantor pos yaitu memberikan layanan pos terhadap masyarakat sidoarjo, akan tetepi terlebih lagi bahwa kunjungan ini merupakan sarana silaturrahmi antara Kantor Pos Sidoarjo dengan Pengadilan Agama Sidoarjo dengan harapan kerjasama ini dapat terus ditingkatkan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PA Sidoarjo memberikan sambutan bahwa dengan kerjasama yang terjalin bersama PT. POS Kantor Pos Sidoarjo ini dapat membantu para pihak secara langsung yang melakukan pendaftaran perkara di PA Sidoarjo. Masyarakat tersebut diwajibkan untuk melakukan nazegeling lembar bukti di Kantor Pos Sidoarjo, sekarang dapat dilakukan di kantor PA Sidoarjo. Dengan kata lain, para pencari keadilan akan lebih cepat dilayani dan efisien. Selain itu, dalam sambutannya, ketua PA Sidoarjo memberikan apresiasi terhadap Kantor Pos Sidoarjo yang berkenan memberikan layanan langsung di PA Sidoarjo dengan diawali dalam bentuk MOU untuk kali pertama di wilayah pengadilan Agama Jawa Timur.

Setelah penandatanganan MoU dilakukan, Ketua PA Sidoarjo bersama dengan Kepala Kantor Pos Sidoarjo sama-sama melihat langsung ruang pelayanan publik yang berasa di Lantai satu gedung kantor PA Sidoarjo serta bertemu langsung dengan pihak pencari keadilan.