ACARA LELANG  EKSEKUSI Putusan 2150/Pdt.G/2011/Pa.Sda

di Pengadilan Agama Sidoarjo

Bertempat di Lantai 2 Ruang Aula Utama Pengadilan Agama Sidoarjo ada sedikit pemandangan yang tidak biasa. Pada hari itu tepatnya Rabu 18 Februari 2015 pukul 10.00 WIB telah berlangsung kegiatan lelang Sita Eksekusi, Berdasarkan Penetapan Eksekusi Lelang Nomor : 02/Eks/2014/Pa.Sda tertanggal 04 Nopember 2014. Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo bekerjasama dengan perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo yang telah diumumkan pada kolom iklan harian memorandum di koran MEMO Surabayahalaman 4 tertanggal pada hari Rabu 04 Februari 2015 yang diperbaruhi pada tanggal 11 Februari 2015.

Acara Pelelangan tersebut dihadiri oleh Plt Panitera Sekretaris Pengadilan Agama Sidoarjo Drs Mat Busiril M.H, dan dua Pejabat dari Kantor Pelayanan  Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo, selain itu juga dihadiri para peserta lelang yang sebelumnya telah mendaftarkan diri melalui PT BANK MANDIRI (Persero) Tbk. Cabang Pahlawan Sidoarjo dengan syarat para calon pembeli diwajibkan menyetorkan uang jaminan sebesar Rp. 116.295.000,-( seratus enam belas juta dua ratus sembilan puluh lima ribu rupiah ) ke Rekening Penampungan Lelang KPKNL Sidoarjo.

Dalam Pembukaannya, Plt Panitera Sekretaris Pengadilan Agama Sidoarjo Drs Mat Busiril M.Hmenyambut seluruh pesertalelang berjumlah 19 orang yang berasal dari pihak umumtersebut serta menjelaskan obyek yang akan menjadi objek sengketa eksekusi lelang. Menunjuk Penetapan Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo Sita Eksekusi Permohonan Nomor 02/Eks/2014/Pa.Sda atas Putusan Nomor 2150/Pdt.G/2011/Pa.Sda Jo Nomor 274/Pdt.G/2012/PTA.Sby antara Achiyat Bin Abdul Manan sebagai Pemohon eksekusi melawan Rodiyah binti Djalil sebagai Termohon eksekusi atas objek berupasebidang tanah dan bangunan rumah diatasnya yang terletak di Perumahan Puri Surya JayaJalan Taman Nagoya Green E-3/14 Desa Ketajen Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo dengan luas 96 meter persegi dan barang tersebut diatas telah diletakkan Penyitaan Jaminan ( Eksekutoril Beslag ) oleh Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Sidoarjo.

Selanjutnya sebelum dimulai acara penjualan di muka umum atau lelang para calon pembeli atau pesera lelang harus menunjukkan buki setoran jaminan dari Bank Mandiri kepada petugas KPKNL yang hadir dengan  melampiri KTP dan NPWP yang bersangkutan.Bapak Andy Prayitno,SE selaku dari salah satu Pejabat Lelang perwakilan  KPKNL Sidoarjomenyampaikan isi dari ketentuan pelaksanaan pelelangan sehingga diharapkan tidak ada pertanyaan dari peserta selama kegiatan lelang berlangsung kemudian acara lelang dibuka dengan Penawaran harga limit Rp. 232.590.000,-( dua ratus tiga puluh dua juta lima ratus sembilan puluh ribu rupah ) dimana harga semakin lama semakin meningkat sesuai dengan penawaran yang terbuka untuk para peserta lelang.

Kemudian sebagian dari para peserta lelang mengajukan penawaran sesuai harga limit yang sudah ditentukan, Abdur Rochim Ma’sum salah satu dari peserta lelang mengajukan harga diatas harga limit yaitu Rp. 233.000.000,- ( dua ratus tiga puluh tiga juta rupiah ). Oleh karena itu objek sengketa sita eksekusi tersebut dimenangkan oleh Bapak Abdur Rochim Ma’sum.

Kegiatan sita eksekusi lelang ini bertujuan dalam pembagian harta waris secara adil dan merata bagi para pihak yang berperkarasehingga asas keadilan dan kemanfaatan hukumdapat diberikan oleh Pengadilan Agama Sidoarjo kepada pihak yang bersangkutan.

Dan tepat pukul 11.30 WIB acara lelang sita eksekusiselesai dan ditutup dengan penandatanganan para peserta yang tidak memenangkan lelang untuk pengembalian uang jaminan yang telah mereka setorkan sebelumnya pada PT Bank Mandiri(Persero) Tbk Sidoarjo.Novita_Team IT_Photos by Rimon.