Pada hari Rabu, tepatnya tanggal 22 April 2015, Pengadilan Agama Sidoarjo disini yang diwakili oleh Drs. Mat Busiril, M.Hselaku Plt. Panitera / Juru sita dengan didampingi Para Saksi yang telah ditunjuk untuk melaksanakan Eksekusi atas Putusan Pengadilan Agama Sidoarjo tanggal 08 September 2005 Nomor : 223/Pdt.G/2005/PA.Sda, dalam perkara antara Hj. SITI AMINAH binti H. ABDUL MANAN dan Hj. UMIYAH binti H. ABDUL MANAN yang dalam hal ini diwakili oleh ahli warisnya sebagai Pemohon eksekusi sesuai dengan Penetapan Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor 81/Pdt.P/2008/PA.Sda.melawan ERMAWATI binti SUDJADI sebagai Termohon eksekusi.

Awalnya Eksekusi yang dilakukan di dua (2) tempatyang terletakdi Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo dan Desa Panjar Panji, Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo,yaitu berupa tanah tambakseluas 6 Ha. (enam hektar)/ (60.000 M2) serta Sebidang tanah pekarangan seluas 2.360 M2 (dua ribu tiga ratus enam puluh meter persegi ) dan diatasnya berdiri sebuah bangunan rumah lamayang disebut sebagaiobyek sengketa yang dilakukan Juru sita Pengadilan Agama Sidoarjo itu berjalan cukup alot dan menegangkan. Eksekusi tersebut dilakukan pada pukul 10.00 WIB. Para petugas tiba pertama kali di Balai Desa Kedung Peluk, disana telah hadir sejumlah para personil kepolisian dari Kapolres Sidoarjo, tidak kurang dari 110 anggota polisi diturunkan untuk mendampingi dan mengamankan proses berjalannya eksekusi untuk menghindari kericuhan atau bentrok para pihak atau warga yang mungkin terjadi.



Kedatangan Para petugas Pengadilan Agama Sidoarjo juga disambut oleh Kepala Desa Kedung Peluk beserta Para Pemohon dan Termohon Eksekusi dan sejumlah warga setempat. Sempat terjadi diskusi dan perdebatan sebelum Petugas (Drs. Mat Busiril, M.H selaku Plt. Panitera / Juru sita) menunjukkan dan membacakan surat Penetapan dari Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo tanggal 01 April 2015 tersebut dihadapan semua para pihak yang telah hadir sebelum pelaksanaan eksekusi dimulai.

Setelah semua Pembacaan Penetapan dan persiapan telah selesai dilakukan, petugas Pengadilan Agama Sidoarjo didampingi aparat polisi menuju ke Rumah kediaman Termohon ekseskusi, disana petugas kesulitan menemukan keberadaan pihak Termohon eksekusi namun semua itu tidak menghentikan jalannya proses eksekusi yang sedang berlangsung.selanjutnya dengan disaksikan oleh semua saksi dan para pihak serta dibantu oleh Tenaga Ukur BPN dalam menancapkan patok-patok beton sebagai pembatasnya.


Setelah selesai eksekusi dilaksanakan di lokasi pertama Kemudian eksekusi dilanjutkan di lokasi kedua dan pada akhirnya proses pelaksanaan Eksekusi berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.(Novita/Photos by Heru Santoso)