STANDAR PELAYANAN
PENGADILAN AGAMA SIDOARJO KELAS 1 A

untuk download lengkap klik disini

  1. STANDAR PELAYANAN PELAKSANAAN PERSIDANGAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

PROSEDUR

BIAYA

WAKTU

PRODUK

PELAKSANA

  1. Pelayanan Persidangan

Dasar Hukum:

  1. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Undang-undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman
  3. Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi MA Ri (Buku II)
  4. SK KMA nomor 026/KMA/SK/II/2012 tentang Pelayanan Peradilan.

Tidak ada persyaratan

  1. Sidang dimulai pada jam 09.00. Jika tertunda Pengadilan akan memberitahukan alasan penundaan.
  2. Pemeriksaan perkara berdasarkan sistem antrian ( jadwal kehadiran para pihak ).
  3. Jadwal sidang diumumkan melalui website dan papan pengemuman.
  4. Pengadilan wajib memutus, menyelesaikan dan pemberkasan perkara (minutasi) maksimal 5 (lima) bulan.

Tidak ada biaya

- Penyelesaian Perkara Maksimal 5 (lima) bulan

- Jika lebih maka majelis hakim harus melaporkan ke Ketua Pengadilan.

Putusan atau Penetapan

Majelis Hakim dan panitera pengganti.

  1. Biaya Perkara

Dasar Hukum:

  1. Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  2. Undang-undang Nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman
  3. Undang-undang nomor 7 tahun 1989, tentang Peradilan Agama
  4. Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi MA Ri (Buku II)
  5. SK KMA nomor 026/KMA/SK/II/2012 tentang Pelayanan Peradilan.
  6. SEMA nomor 4 tahun 2008.
  7. Keputusan Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor W13-A16/6517/Hk.05/SK/12/2016 tentang Panjar Biaya Perkara

Panjar biaya perkara

  1. Besar biaya panjar perkara ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo.
  2. Besar biaya panjar perkara diumumkan pada papan pengumuman dan website.
  3. Besar biaya panjar setiap perkara ditetapkan dalam Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM).
  4. Pembayaran panjar biaya perkara melalui Bank BTN Syariah Sidoarjo.
  5. Pengadilan akan meminta penambahan biaya panjar dalam hal biaya panjar yang telah dibayarkan tidak mencukupi.
  6. Pengadilan wajib memberitahu dan mengembalikan kelebihan sisa biaya perkara yang tidak terpakai selama proses berperkara kepada Penggugat.
  7. Bila maksimal 6 (enam) bulan sisa biaya panjar tidak diambil setelah pihak bersangkutan diberitahu maka akan di setor ke Kas Negara sebagai PNBP.

Panjar biaya perkara yang meliputi:

Biaya Proses, Biaya ongkos Jurusita / Jurusita Pengganti, PNBP (pendaftaran, redaksi, meterai, salinan putusan perlembar dan penerbitan akta cerai)

--

Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) atau panjar biaya perkara

Meja I,

Kasir

  1. Biaya Perkara Banding

Menyampaikan akta pernyataan banding.

  1. Pengadilan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum banding dalam SKUM. Yang terdiri dari:

- Biaya pencatatan pernyataan banding.

- Biaya banding yang ditetapkan Ketua Pengadilan Tinggi Agama.

- Biaya Pengiriman uang melalui Bank / Pos.

- Biaya kirim berkas.

- Biaya Pemberitahuan.

Panjar biaya perkara

1(satu) bulan

Panjar Biaya Perkara banding

Meja I, Kasir

  1. Biaya Perkara Kasasi

Menyampaikan akta pernyataan kasasi.

  1. Pengadilan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum Kasasi dalam SKUM. Yang terdiri dari:

-Biaya pencatatan pernyataan kasasi.

-Biaya kasasi yang ditetapkan MA RI.

-Biaya Pengiriman uang melalui Bank ke Rek. MA,

-Biaya kirim berkas.

-Biaya Pemberitahuan.

  1. Biaya permohonan kasasi dikirim oleh pemegang kas melalui: Bank.
  2. Bukti pengiriman dilampirkan dalam berkas.

Panjar biaya perkara

1 (satu) bulan

Panjar Biaya Perkara

Meja I, Kasir

  1. Biaya Perkara Peninjauan Kembali

Menyampaikan Akta pernyataan peninjauan kembali.

  1. Pengadilan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum Peninjauan Kembali dalam SKUM. Yang terdiri dari:

-Biaya peninjaunan Kembali yang ditetapkan oleh KMA.

-Biaya pengiriman melalui Bank.

-Ongkos kirim berkas.

-Biaya Pemberitahuan.

Panjar biaya perkara

1(satu) bulan

Panjar Biaya Perkara

Meja I, Kasir

B. STANDAR PELAYANAN PRODEO

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

PROSEDUR

BIAYA

WAKTU

PRODUK

PELAKSANA

  1. SEMA Nomor 10 Tahun 2010 tentang Pedoman Bantuan Hukum
    • Permohonan berperara secara prodeo (Cuma-Cuma)

- Ket. Tidak mampu dari Desa/lurah.

- Ket. Tunjangan Sosial (Jaskesmas, PKH atau Kartu BLT)

- Pernyataan tidak mampu

  1. Pemohon mengajukan secara lisan atau tertulis, kepada Ketua PA Sidoarjo dengan dokumen pendukung;
  2. Panitera meregister permohonan, hakim yang ditunjuk memeriksa atas ketidak mampuan pemohon.
  3. Permohonan disetujui atau tidak oleh hakim pemeriksa.

Pengadilan menyediakan anggaran untuk biaya perkara prodeo dengan memperhatikan anggaran yang tersedia.

- Maksimal 14 (empat belas) hari proses pemeriksaan

- Maksimal 7 (tujuh) hari hasil pemeriksaan diberitahukan kepada Pemohon.

Penetapan izin berperkara secara prodeo (Cuma-Cuma)

Meja I, Panitera dan Hakim

C. STANDAR PELAYANAN PENGADUAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

PROSEDUR

BIAYA

WAKTU

PRODUK

PELAKSANA

  1. SK KMA Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan
  2. SK KMA Nomor 080/KMA/SK/VIII/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan
  3. SK Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo Nomor W13-A16/5825/HM.00/SK/11/2016, tanggal 01 Nopember 2016 tentang Meja Pengaduan :

Datang langsung ke Meja Pengaduan atau melalui situs siwas.mahkamahagung.go.id, atau secara tertulis melalui Email atau Pos dengan melampirkan bukti terkait.

Identitas pemohon

  1. Petugas meja pengaduan menerima pengaduan dengan tanda terima pengaduan yang tertera register pengaduan.
  2. Jika melalui pos dengan dengan surat balasan penerimaan dengan mencantumkan nomor register.

Tidak ada biaya

- Maksimal 7 (tujuh) hari kerja informasi status pengaduan diberitahukan.

-Maksimal 90 (sembilan puluh) hari harus ditindak lanjuti dan diberitahukan kepada pelapor.

Pengaduan

Petugas Meja Pengaduan

  1. STANDAR PELAYANAN PERMOHONAN INFORMASI

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

PROSEDUR

BIAYA

WAKTU

PRODUK

PELAKSANA

  1. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  2. SK KMA No 144/KMA/SK/III/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan;
  3. SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Pengadilan
  4. SK Ketua Pengadilan Agama Pati Nomor W13-A16/3906/HM.00/SK/07/2017,tanggal 24 Juli 2017 tentang Meja Informasi.

Identitas pemohon

- Jika datang langsung, Mengisi Formulir Permohonan Informasi pada Meja Informasi.

1. Mengajukan permohonan informasi disertai identitas dan alasan, melalui email

2. Meja Informasi menerima formulir permohonan;

3. Pengadilan memberi jawaban baik secara langsung atau tidak langsung.

4. Jawaban atas permintaan informasi selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kerja

Secara umum tidak dikenakan biaya, kecuali biaya penggandaan jika informasi yang dibutuhkan dengan volume besar

- Maksimal 7 (tujuh) hari kalender

- Keberatan jika pengadilan menolak maksimal7 (tujuh) hari.

Informasi

Meja Informasi

dan Petugas PPID Pengadilan Agama Sidoarjo

  1. STANDAR PELAYANAN PERKARA PERMOHONAN

DASAR HUKUM

PERSYARATAN

PROSEDUR

BIAYA

WAKTU

PRODUK

PELAKSANA

  1. HIR
  2. Undang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang perkawinan
  3. Undang-undang Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbritrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa
  4. Undang-undang Nomor 3 tahun 2009 tentang Mahkamah Agung
  5. Undang-undang nomor 48 tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman
  6. Undang-undang nomor 50 tahun 2009 tentang Peradilan Agama
  7. Kompilasi Hukum Islam
  8. KMA/032/SK/IV/2006 tentang pemberlakuan Buku II Pedoman Teknis Administrasi dan Teknis Peradilan Agama
  9. PERMA nomor 1 Tahun 2002 tentang Acara Gugatan Perwakilan Kelompok
  10. PERMA nomor 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan
  11. SEMA nomor 3 Tahun 1998 tentang Penyelesaian Perkara
  12. Penetapan MARI Nomor KMA/095/X/2006

  1. Surat Edaran TUADA UDILMILTUN MARI no. MA/KUMDIL/8810/1987
  2. Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI nomor 138/KMA/SK/IX/2009 tentang Jangka Waktu penanganan Perkara pada Mahkamah Agung Republik Indonesia

- Permohonan Pengangkatan Wali bagi anak