logo 2

 

ANDA MEMASUKI KAWASAN ZONA INTEGRITAS

ANDA MEMASUKI KAWASAN ZONA INTEGRITAS

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

SELAMAT DATANG DI PENGADILAN AGAMA SIDOARJO - ANDA MEMASUKI KAWASAN ZONA INTEGRITAS - KAWASAN BEBAS DARI KKN 

 

SIASTER-SISTEM-ANTRIAN-SIDANG-TERJADWAL

 

1-IPAK-2022-ok

2-IKM-2022-ok

 

 

 jadwal sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara.

 sipp

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

 e court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

 biaya perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

 biaya perkara

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

 Gugatan-Mandiri-website

Layanan gugatan/permohonan mandiri adalah layanan yang memungkinkan para pencari keadilan mengajukan gugatan mandiri secara online

 

 

on . Hits: 53

DUA PERMOHONAN EKSEKUSI BERHASIL DAMAI

SETELAH ANMANING OLEH KETUA PA SIDOARJO

 

Sidoarjo | www.pa-sidoarjo.go.id 

Kamis, 16 November 2022, Ketua PA Sidoarjo (DR. Hj. Hasnaya H. Abd. Rasyid, M.H.) yang didampingi oleh Panitera PA Sidoarjo (Drs. Abdullah Faqih, M.H.) berhasil menyelesaikan 2 perkara Permohonan Eksekusi dengan perdamaian. Perkara yang berhasil damai tersebut yaitu Perkara Nomor 05/Pdt.Eks/2019/PA.Sda dan Perkara Nomor 09/Pdt.Eks/2022/PA.Sda. Keberhasilan perdamaian tersebut ditempuh setelah melalui upaya yang sungguh-sungguh dan maksimal oleh Ketua dan Panitera dalam sidang Anmaning.

Untuk perkara Nomor 09/Pdt.Eks/2022/PA.Sda. berhasil mencapai kesepakatan perdamaian setelah melalui Sidang Anmaning dan diberi waktu 8 hari setelah itu. Dan dalam persidangan tersebut, Ketua PA Sidoarjo telah berusaha menawarkan berbagai macam solusi agar proses eksekusi bisa dilaksanakan dengan mudah dan bisa memenuhi rasa keadilan dari kedua belah pihak. Ternyata keduanya memilih untuk bersepakat menempuh upaya damai, dimana Termohon Eksekusi bersedia membayar sejumlah uang (sebesar Rp. 250.000.000,-) kepada Pemohon Eksekusi. Juga Pemohon Eksekusi bersedia menerima dengan pembayaran uang sejumlah tersebut. Pembayaran tersebut dilaksanakan dihadapan langsung Ibu Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo, yang didampingi oleh Panitera dan Panitera Muda Hukum, dan diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Perdamaian.

 

Foto : Kedua belah pihak sepakat damai

 

Sedangkan perkara Nomor 05/Pdt.Eks/2019/PA.Sda, berhasil mencapai kesepakatan setelah Panitera PA Sidoarjo menggelar klarifikasi tentang kelanjutan esksekusi yang sudah diajukan. Dalam Klarifikasi tersebut, Panitera kembali berusaha dengan sungguh-sungguh dan maksimal memberikan nasehat, pandangan dan masukannya tentang keuntungan-keuntungan dari sebuah perdamaian, dan ternyata sangat menyentuh hati kedua belah pihak yang berperkara. Hingga akhirnya, keduanya bersepakat berdamai dengan kesepakatan sebagai berikut : Harta bersama berupa sebuah Rumah yang menjadi Obyek Eksekusi, sepakat dibagi 2, setengah bagiannya untuk Pemohon Eksekusi dan setengahnya lagi untuk Termohon eksekusi. Namun bagian dari Pemohon Eksekusi diberikan langsung kepada kedua orang anak Pemohon eksekusi dan Termohon Eksekusi. Selanjutnya yang berkuasa penuh terhadap rumah tersebut adalah Termohon Eksekusi dan kedua orang anaknya. Selanjutnya perdamaian tersebut berakhir dengan penandatanganan berita acara perdamaian oleh kedua belah pihak. Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua dan Panitera PA Sidoarjo.

 

 

Foto : Penandatanganan berita acara perdamaian oleh kedua belah pihak

Dalam kesempatan itu, pihak-pihak yang berperkara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua, Panitera dan seluruh aparatur Pengadilan Agama Sidoarjo yang telah memberikan pelayanan yang terbaik, dan bisa menyelesaikan perkaranya dengan mudah. Ucapan tersebut lebih khusus disampaikan kepada Ibu Ketua, karena mereka merasa terharu dengan nasehat yang sangat menyentuh hati, sehingga berhasil menyelesaikan sengketa dengan damai. (Redaktur PA.Sda.)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sidoarjo Kelas 1A

Jl. Hasanuddin No. 90, Sekardangan, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur | 61215

Telp: 031-8921012 
Fax: 031-8963153

website : https://www.pa-sidoarjo.go.id

Email Kepaniteraan :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Email Kesekretariatan :

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Pengadilan Agama Sidoarjo@2019