Pada Hari ini adalah hari proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia. 73 tahun yang lalu, para pendiri bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan teks proklamasi ditulis di ruang makan laksamana Tadashi Maeda Jln Imam Bonjol No 1. Para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Konsep teks proklamasi ditulis oleh Ir. Soekarno sendiri. Di ruang depan, hadir B.M Diah, Sayuti Melik, Sukarni, dan Soediro. Sukarni mengusulkan agar yang menandatangani teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia. Teks Proklamasi Indonesia itu diketik oleh Sayuti Melik. Pagi harinya, 17 Agustus 1945, di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56 telah hadir antara lain Soewirjo, Wilopo, Gafar Pringgodigdo, Tabrani dan Trimurti. Acara Tersebut dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera Merah Putih, yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati, dikibarkan, disusul dengan sambutan oleh Soewirjo, walikota Jakarta saat itu dan Moewardi, pimpinan Barisan Pelopor.


Mengimplemtasikan makna kemerdekaan secara simbolis, dengan Bertempat di halaman kantor PA Sidoarjo diadakan upacara peringatan HUT RI ke-73 dilaksanakan dengan tertib, diikuti oleh seluruh pegawai dan dipimpin langsung oleh Ketua DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. Upacara dimulai pada pukul 07.00 WIB. Bertugas sebagai Komandan upacara MOCH. DEDY KURNIAWAN, S.H., M.H., Pembaca Undang - Undang AKBAR BUDIMAN HIDAYAT, S.E., Pembawa acara MIFTAHUL HUSNAH, S.H., Pengibar bendera Moh Torik, Siti Nur Cholifah dan Faisal Rahman. Pembaca Doa Drs. H. AMAR HUJANTORO, M.H..

Dalam Amanatnya Ketua PA Sidoarjo menjelaskan tentang makna kemerdekaan Indonesia yang harus diisi dengan aktivitas bekerja secara optimal guna pembangunan nasional, sebagaimana tema yang dicanangkan oleh sekretariat negara, Kerja Kita Prestasi Bangsa. Pada Akhir pidatonya beliau memimpin pekik MERDEKA.

Setelah upacara berakhir diberikan hadiah atas pemenangn lomba 17 an yang telah dimulai pada tanggal 10 Agustus 2018. Selain itu diberikan penghargaan kepada Muhamad Fachruddin,S.H.,M.H atas Satya Lencana Karya Satya 30 tahun