Sesuai dengan rencana kinerja Pengadilan Agama Sidoarjo pelaksanaan sidang keliling atau sidang di luar gedung pengadilan, untuk bulan september 2018 dilaksanakan kegiatan di Balai Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan. Penentuan lokasi di wilayah Kecamatan Tulangan tersebut dengan mempertimbangkan lokasi yang mudah dijangkau untuk masyarakat di wilayah kecamatan Tulangan, Prambon, Krembung, dan Wonoayu yang cukup jauh dari Pengadilan Agama Sidoarjo. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang berada di pinggiran kota Sidoarjo untuk mendapatkan akses kepada pengadilan dengan mudah.

Upaya tersebut merupakan kegiatan aktif untuk mempermudah akses yang seluas-luasnya bagi para pencari keadilan (acces to justice) sesuai kebijakan penting mahkamah agung tentang Justice for all dapat terealisasi, Pengadilan Agama Sidoarjo mengadakan sidang Keliling pada tahun anggaran 2018 sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri Dan Pengadilan Agama.

Sidang Keliling merupakan wujud nyata pelayanan pengadilan bagi mereka (para pencari keadilan dan atau masyarakat) yang mengalami hambatan untuk datang langsung ke Gedung Pengadilan karena jarak tempuh yang jauh, transportasi yang minim, keterbatasan biaya dan semisalnya. Dengan Sidang Keliling diharapkan para pencari keadilan dan atau masyarakat yang mengalami hambatan-hambatan tersebut tetap dapat mengakses atau mendapatkan keadilan tanpa harus mendatangi gedung pengadilan.

Sidang Keliling Pengadilan Agama Sidoarjo Tahun Anggaran 2018 untuk kali ketiga ini dibuka secara langsung oleh Bapak Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo. Acara yang dimulai pukul 08.30 tersebut dihadiri oleh pejabat PA Sidoarjo, Pejabat dari Desa Kepadangan dan jajarannya. Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ibu kepala desa Kepadangan, LULUK ARIFAH SE. Beliau menerima dengan baik kegiatan sidang keliling ini di lokasi kecamatan Tulangan khususnya desa Kepadangan karena kegiatan ini adalah untuk memberikan pelayanan langsung terhadap masyarakat, terlebih lagi berharap untuk dilanjutkan kerjasama dengan PA Sidoarjo untuk sidang selanjutnya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Sidoarjo, DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Mahkamah Agung (MA) untuk membuat program utama yang memberikan pelayanan langsung terhadap masyarakat. Oleh karena itu program yang telah masuk dalam anggaran PA Sidoarjo tahun 2018 ini diimplementasikan dengan melaksanakan progaram sidang diluar gedung atau sidang keliling saat ini yang dilaksanakan di Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Sekaligus pada akhir sambutan tersebut, beliau membuka secara langsung kegiatan sidang keliling di Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan Sidoarjo.

Pada Sidang Keliling tersebut dilaksanakan persidangan untuk 17 perkara, dengan susunan majelis sebagai berikut :

Drs. H. IMAM FAROUK, M.HES. (Ketua majelis), Drs. H. AMAR HUJANTORO, M.H. (Hakim), H. MUKHTAR, S.Ag. (Hakim) dan NINIK SAADAH, S.Si., S.H. (Panitera pengganti).

dan selaku hakim mediator adalah Drs. H. PARHANUDDIN.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar.