Rabu, 24 Januari 2018, Pengadilan Agama Sidoarjo menjadi tuan rumah observasi dan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Timur. Dan kali ini, adalah kesempatan pertama bagi mahasiswa IAI Al Khozini Sidoarjo untuk berkunjung dan belajar di Pengadilan Agama Sidoarjo.

Bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Sidoarjo, diadakan acara pembukaan Praktek Kerja Lapangan Integratif (PPL) mahasiswa Fakultas Syariah IAI Al Khozini Sidoarjo. Acara pembukaan dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo, DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H., Sekretaris Pengadilan Agama Sidoarjo ZAENAL ABIDIN, S.H., M.M., dan RATNA SURAIYA.M.HI Dosen Syariah IAI Al Khozini Sidoarjo serta seluruh peserta PPL.

Mengawali acara pembukaan oleh bapak sekrearis yang dilanjutkan dengan sambuatan dari Dosen Al Khozini Sidoarjo. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan banyak terima kasih atas di terimanya Praktek Kerja Lapangan Integratif di Pengadilan Agama Sidoarjo. Peserta PPL di Pengadilan Agama Sidoarjo diikuti oleh 7 orang mahasiswa terdiri dari 6 orang pria dan 1 orang wanita. Dan selanjtnya menyerahkan sepenuhnya para mahasiswa kepada Pengadilan agama Sidoarjo untuk dibimbing. Beliau juga memohon maaf bila para mahasiswa selama mengikuti PPL apabila nantinya banyak mengganggu dan melakukan kesalahan. Kepada para mahasiswa IAI Khozini Sidoarjo, Beliau berharap agar memanfaatkan waktu dan kesempatan PPL ini dengan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Usai sambutan Dosen Fakultas Syari'ah IAI Khozini Sidoarjo dilanjutkan sambutan dari Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo DR. MOHAMAD JUMHARI, S.H., M.H. Dalam sambutannya Ketua PA Sidoarjo mengucapkan terima kasih kepada Dekan Fakultas Syariah IAI Al Khozini Sidoarjo yang telah mempercayakan kepada Pengadilan Agama Sidoarjo untuk membimbing para mahasisiwa dalam melaksanakan PPL. Kepada para mahasiswa jangan malu bertanya bila ada materi yang belum dipahami, tanyakan dengan sejelas-jelasnya sebab kadang-kadang antara teori dan praktek tidak sama. Praktek Kerja Lapangan Integratif (PPL) mahasiswa fakultas Syariah IAI Al Khozini Sidoarjo di Pengadilan Agama Sidoarjo dibuka secara resmi.

Setelah acara pembukaan usai, dilanjutkan dengan materi yang pertama yaitu observasi atau pengenalan Institusi Pengadilan Agama Sidoarjo baik dari tugas bidang kepaniteraan maupun kesekretariatan.