Setelah penutupan mahasiswa dari Institut Agama Islam Al Khozini pada hari rabu tanggal 7 Februari 2018, Pengadilan Agama Sidoarjo menerima praktek peradilan agama bagi mahasiswa fakultas Syariah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Praktek Peradilan Agama (PPA) Mahasiswa Jurusan Al Ahwalusyaksyiyah Fakultas Agama Islam ini , dibuka pada hari Senin 12 Februari 2018 di ruang rapat lantai dua Pengadilan Agama Sidoarjo.

Sesuai dengan tujuan pelaksanaan PPA ini adalah untuk meningkatkan keterampilan aplikatif mahasiswa dalam mengumpulkan, mengklasifikasi, mengikuti jalannya persidangan, menginterpretasi, menganalisis dan menyimpulkan data sebagai pengalaman penelitian di lapangan. Oleh karena itu dilaksanakan praktikum secara langsung di peradilan agama bagi mahasiswa fakultas syariah dimana telah diajarkan pada kampus tentang peradilan agama.

Bertempat di lantai dua kantor Pengadilan Agama Sidoarjo, pada pukul 09.00 WIB telah diadakan acara pembukaan Praktek Peradilan Agama (PPA) mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Acara pembukaan dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo, Drs. H. MUBAROK, M.H., sekretaris Pengadilan Agama Sidoarjo Zainal Abidin, S.H. M.M, dan Dr. Eko Asmanto M.H., Dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo serta seluruh peserta PPA.

Mengawali acara pembukaan adalah sambutan dan penyerahan mahasiswa dari bapak dosen Fakultas Agama Islam. Yang menyatakan bahwa Praktek Peradilan Agama (PPA) ini dilaksanakan dari tanggal 12 Februari 2018 dan diakhiri pada tanggal 23 Februari 2018. Peserta PPA di Pengadilan Agama Sidoarjo diikuti oleh 15 orang mahasiswa. Lebih lanjut bapak dosen mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Pengadilan Agama Sidoarjo yang berkenan memberikan izin bagi mahasiswa Fakultas Agama Islam untuk melakukan Praktek Peradilan Agama (PPA) yang selanjutnya menyerahkan sepenuhnya para mahasiswa kepada Pengadilan agama Sidoarjo untuk dibimbing. Selain itu beliau mohon maaf apabila para mahasiswa selama mengikuti PPA apabila nantinya banyak mengganggu aktivitas kerja dan melakukan kesalahan. Selanjutnya kepada para para peserta PPA, beliau berharap agar memanfaatkan waktu dan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dengan menyerap seluruh ilmu yang didapatkan di Pengadilan Agama Sidoarjo ini.

Sambutan selanjutnya dari Wakil Ketua Pengadilan Agama Sidoarjo. Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo yang telah mempercayakan kepada Pengadilan Agama Sidoarjo untuk membimbing para mahasiswa dalam melaksanakan PPA. Selanjutnya diharapkan seluruh peserta PPA dapat mengikuti seluruh agenda pembelajaran praktikum di Pengadilan Agama Sidoarjo secara optimal sehingga dapat memberikan menfaat kepada seluruh peserta. Akhir sambutan Beliau mengucapkan selamat mengikuti Praktek Peradilan Agama (PPA) mahasiswa Universitas Muhammadiyah di Pengadilan Agama Sidoarjo telah resmi dibuka.